Sabtu, 30 April 2011

tempointeraktif : Kawal May Day, Polda Jawa Barat Kerahkan 17.456 Personel

TEMPO Interaktif, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat mengerahkan 17.456 personel untuk mengawal kegiatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2011. Konsentrasi kekuatan pengamanan akan dilakukan di lima daerah pusat aksi buruh di Jawa Barat.

"Konsentrasi pengamanan akan dilakukan di Kota Bandung, Cimahi, Karawang, Purwakarta, dan Bogor," ujar Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Suparni Parto usai acara gelar pasukan pengamanan Hari Buruh di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu 30 April 2011.

Menurut dia, isu unjuk rasa Hari Buruh besok di antaranya meliputi tuntutan penghapusan outsourcing dan PHK, Pencabutan Undang-undang No. 11 Tahun 2003, Revisi Undang-undang Jamsostek.

Suparni menyebutkan, gelar pasukan khusus untuk pengamanan Hari Buruh dilakukan demi memeriksa kesiapan satuan tugas pengamanan dan koordinasi antarinstansi.

Selain itu, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kekuatan pengamanan siap mengawal kegiatan Hari Buruh Internasional. “Aparat siap dan masyarakat tidak perlu khawatir," kata Suparni.

Suparni menegaskan, besok polisi akan mengutamakan pendekatan pelayanan ketimbang pendekatan represif fisik. Ia meminta aparat mengutamakan deteksi titik kumpul, rute demo, upaya mediasi dan negosiasi untuk mengantisipasi aksi anarkistis sejak dini.

Suparni menandaskan, tujuan pengawalan polisi adalah agar kegiatan Mayday berjalan aman dan damai. "Tersalurkannya aspirasi buruh, tak terganggunya aktivitas masyarakat," ujarnya.

http://tempointeraktif.com/hg/bandung/2011/04/30/brk,20110430-331132,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar