Jumat, 06 Mei 2011

detik - Al Qaeda akan Serang Jalur Kereta AS pada 10 Tahun Peringatan 9/11

Washington DC - Intelijen Amerika Serikat (AS) menemukan dokumen plot rencana serangan Al Qaeda di mansion tempat Osama bin Laden ditembak. Dalam dokumen itu, Al Qaeda akan menyerang jalur kereta di AS tepat pada peringatan 10 tahun peristiwa 9/11 pada 11 September 2011.

Dalam dokumen yang diperoleh AFP, Departemen Keamanan Dalam Negeri AS memberikan saran pada para lembaga penegak hukum, bahwa pada Februari 2010 Al Qaeda diduga 'merenungkan untuk melakukan operasi pada jalur kereta api di lokasi yang tidak ditentukan di AS pada peringatan 10 tahun 11 September 2001', demikian dilansir AFP, Jumat (6/5/2011).

Seorang sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, peringatan yang dikeluarkan Departemen Keamanan Dalam Negeri itu dari intelijen AS yang menggeledah dan menyita dokumen serta komputer dan perangkat keras lainnya di rumah Osama di Abottabad, Pakistan.

Namun dalam dokumen itu, ditekankan bahwa informasi tersebut didasarkan 'laporan awal' yang 'seringkali menyesatkan dan tidak akurat mengacu pada situasi yang cepat berkembang dan berubah'.

"Meskipun jelas ada beberapa tingkatan perencanaan, kami tidak memiliki informasi terkini yang menunjukkan plot sedang berlangsung aktif menyasar pada (jaringan) transportasi dan tidak ada informasi tentang kemungkinan lokasi atau target spesifik,0" jelas dokumen itu.

Jaringan teror itu, imbuh dokumen itu, menekankan bahwa suatu serangan untuk menggulingkan kereta hanya akan berhasil satu kali dan akan segera menarik perhatian. "Al Qaeda juga menekankan bahwa gerbong kereta yang baru memiliki sistem pengereman sendiri, dan bahwa pergerakan dalam arah yang spesifik bisa menggelincirkan (kereta) namun tidak sampai jatuh ke luar jalur," imbuh dokumen itu.

"Maka US Transportation Security Administration (TSA) harus segera memperingatkan para pemangku kepentingan kereta," tegas dokumen itu.

Sementara juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri Matthew Chandler mengatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait ancaman serangan teroris pada jalur kereta di AS.

"Kami tidak memiliki informasi bahwa ada ancaman teroris di jaringan kereta AS, tetapi ingin membuat mitra kami waspada terhadap dugaan perencanaan (teroris)," ujar Chandler seperti dilansir Reuters hari ini.

Dia menambahkan, pihaknya, mitranya beserta para lembaga penegak hukum AS, mengambil langkah-langkah protektif sejak Osama ditembak pada Minggu (1/5/2011) lalu waktu AS.

Sementara Kepala TSA John Pistole ketika dikonfirmasi mengenai dokumen itu mengatakan, "Tidak ada ancaman spesifik pada jaringan transportasi massal sekarang. Intinya adalah kita waspada hari ini, kemarin dan besok."

http://www.detiknews.com/read/2011/05/06/112055/1633857/1148/al-qaeda-akan-serang-jalur-kereta-as-pada-10-tahun-peringatan-9-11?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar