Sabtu, 07 Mei 2011

detik - KTT ke-18 ASEAN di Jakarta Dibuka Presiden SBY

Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 Association of South East Asia Nation (ASEAN) atau perhimpunan negara-negara di Asia tenggara hari ini resmi dibuka. Sepuluh pemimpin negara ASEAN (leader) dipastikan hadir dalam konferensi ini.

Indonesia selaku Ketua ASEAN menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan KTT ASEAN kali ini. KTT tersebut digelar di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jl Gatot Subroto, Jakarta Barat, dari tanggal 7-8 Mei 2010.

KTT ASEAN, yang akan membahas beberapa isu penting di kawasan ini, akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (7/5/2011).

Opening ceremony akan dilakukan di Assembly Hall I-II Gedung JCC. Selain para pemimpin ASEAN, pembukaan KTT tersebut akan dihadiri oleh sejumlah menteri ASEAN, para delegasi, dan undangan.

Sejumlah pemimpin ASEAN telah tiba kemarin malam, antara lain PM Malaysia Tun Abdul Razak dan Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah. Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung bahkan dikabarkan telah tiba lebih dulu di Jakarta.

Kesembilan pemimpin negara ASEAN dijadwalkan tiba di JCC secara beriringan tiap satu menit. Begitu masuk ke JCC, mereka akan berjalan menyusuri karpet merah dan lalu disambut Presiden SBY. Sebelum pembukaan berlangsung, seluruh leader itu terlebih dahulu diarahkan menuju holding room.

Sejauh ini sejumlah penyempurnaan terus dilakukan oleh panitia di area KTT. Hingga kemarin malam, berbagai pengaturan seperti panggung, fasilitas konferensi, dan dekorasi terus masih berjalan. Pengamana di lokasi pun makin ketat. Saat ini, kendali pengamanan KTT sudah berada di tangah TNI.

Ada tiga prioritas Indonesia sebagai ketua ASEAN yang ditargetkan tercapai dalam forum ini. Yaitu, pertama, memastikan adanya kemajuan yang signifikan dalam usaha pembentukan komunitas ASEAN tahun 2015. Kedua, memastikan kawasan Asia Tenggara tetap merupakan kawasan yang damai, tenteram, sehingga kondusif untuk pembangunan. Ketika, menggulirkan inisiatif ASEAN untuk lebih meningkatkan perannya terhadap penanganan isu-isu global.

http://www.detiknews.com/read/2011/05/07/071855/1634418/10/ktt-ke-18-asean-di-jakarta-dibuka-presiden-sby?9911012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar