Sabtu, 07 Mei 2011

mediaindonesia - Intel Lempar Transistor Tiga Dimensi

INTEL Corp mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi chip secara massal menggunakan transistor baru yang ditampilkan dalam struktur tiga dimensi (three-dimensional/3-D). Ini disebutnya sebagai terobosan dalam mikroprosesor.

Transistor 3-D, dipanggil Tri-Gate, merupakan langkah maju mendasar dari struktur transistor dua dimensi yang menghidupkan komputer, telepon seluler, dan elektronik modern lainnya.

"Ilmuwan dan insinyur Intel telah sekali lagi menciptakan kembali transistor. Kali ini memanfaatkan dimensi ketiga," kata Paul Otellini, CEO Intel, dalam sebuah pernyataan pada Rabu (4/5).

Intel juga menunjukkan sebuah mikroprosesor 22 nanometer dengan nama Ivy Bridge. Ini akan menjadi chip pertama yang dibuat menggunakan transistor 3-D yang baru.

Ivy Bridge dijadwalkan diproduksi secara massal pada akhir tahun ini.

Menurut Intel, transistor 3-D memungkinkan chip beroperasi pada tegangan dan kebocoran yang lebih rendah dibandingkan dengan transistor sebelumnya. Tapi, kinerjanya lebih tinggi hingga 37 persen dengan tegangan lebih rendah ketimbang transistor dua dimensi 32 nm.

Keuntungan penting lainnya, transistor 3-D sangat baik digunakan pada perangkat genggam kecil yang menggunakan energi lebih sedikit. (Xinhua/OL-5)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/06/223701/292/7/Intel-Lempar-Transistor-Tiga-Dimensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar