Jumat, 06 Mei 2011

mediaindonesia - Kick Andy Foundation Gulirkan Buku untuk Kaum Tunanetra

JAKARTA--MICOM: Kick Andy Foundation (KAF) mengawali gerakan Books for the Blinds melalui penyerahan bantuan buku braille dan audio books ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunanetra Elsafan.

Dengan bantuan ini diharapkan kaum tunanetra semakin memiliki kemandirian, inklusivitas dalam masyarakat, serta penglihatan melalui cahaya keilmuan.

"Buku merupakan perangkat lunaknya Tuhan. (Penyerahan buku) ini, untuk mempersempit kebutaan tunanetra seluruh Indonesia," ujar Pendiri SLB Elsafan Ritson Manyonyo dalam sambutannya, di Klender, Duren Sawit, Jakarta, Kamis (5/5).

Menurutnya, segala keterbatasan yang dimiliki para penyandang tunanetra, tak semestinya membuat mereka menjadi tersisih dari masyarakat. Dengan bermodal semangat, kreativitas, idealisme, serta bantuan buku ini, lanjut Ritson, 40 anak didiknya yang berasal dari beragam suku dan agama ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas.

"Kami ingin wujudkan tunanetra unggul, inklusi, mandiri, serta mampu bersinergi dengan masyarakat," harap pria yang juga merupakan penyandang tunanetra ini.

Motivator tunanetra Mimi Mariani Lusli menambahkan, buku tetap memegang peranan vital meskipun untuk manusia yang mengalami kebutaan seperti dirinya. Dengan semakin sering membaca buku berhuruf braille, maka semakin tahulah ia akan dunia. Pada akhirnya, ia pun semakin melupakan kemarahannya kepada Tuhan yang sebelumnya dianggap tidak adil akibat memberinya kebutaan di usianya yang ke-17.

"Dari tidak bisa menjadi bisa, ini yang membuat kita senang, dan pelan-pelan bangkit," ucap lulusan S2 University of Leads, Inggris, ini.

Sepeti diketahui, Books for the Blinds merupakan program pembagian buku braille dan audio books secara gratis bagi SLB, yayasan, panti asuhan, dan lembaga sejenis yang membina dan mendidik para tunanetra di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, gerakan ini akan dilakukan secara bertahap, mulai dari SLB di pulau Jawa, baru kemudian SLB-SLB di pulau lainnya. Oleh karenanya, penyerahan bantuan ini pun ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KAF dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), sebagai distributor.

"Komitmen kami adalah mengirim semua dokumen itu ke semua kawan-kawan di Indonesia yang memperoleh bantuan itu," ujar Direktur Eksekutif JNE Johari Zein.

Kerja sama dalam distribusi buku braille dan audio books ini, lanjutnya, merupakan pekerjaan sosial yang besar. Karena baginya, setiap tawaran untuk beramal tak akan membuat seseorang berkurang hartanya, namun justru merupakan sebuah investasi.

"Mudah-mudahan ini bisa memberi pelajaran. Walau tak bisa melihat, tapi (penyandang tunanetra) punya mata hati. Karena di luar masih banyak yang melihat tapi tak punya mata hati," tutupnya.

Dalam acara ini, diserahkan pula bantuan kepada siswa-siswa SLB Elsafan, dari mitra-mitra KAF, yaitu PT Tirta Investama-Danone Aqua, PT Pembangunan Jaya Ancol, Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Jakarta (YKKSJ), dan PT LG Electronics Indonesia. (*/OL-2)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/05/223871/293/14/Kick-Andy-Foundation-Gulirkan-Buku-untuk-Kaum-Tunanetra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar