Sabtu, 07 Mei 2011

mediaindonesia - Raksasa Hijau Hiasi Kampus Kuning

DEPOK--MICOM: Universitas Indonesia atau yang biasa akrab dengan sebutan kampus kuning telah kedatangan penghuni baru yang siap untuk makin menghijaukan universitas ternama yang berada di Depok, Jawa Barat. Penghuni baru tersebut adalah pohon raksasa dari Afrika yang bernama African Baobab.

Ki Tamblek, panggilan akrab sebagian masyarakat untuk pohoh raksasa ini pun berdiri dengan kokoh, tepat di depan Perpustakaan Pusat Kampus Universitas Indonesia (The Crystal of Knowledge). Pohon raksasa itu seakan siap kapanpun juga untuk memberikan keteduhan bagi para penimba ilmu.

Pohon raksasa African Baobab ke-10 itu di pindahkan ke UI dari tempat tumbuh sebelumnya di Subang, Jawa Barat. Proses pemindahan pohon raksasa ini melibatkan BUMN bidang konstruksi menggunakan dana CSR terkait upaya melestarikan lingkungan bangsa dan negara.

Selain menambah pundi-pundi penghasil oksigen yang ada di UI, kehadiran Si Raksasa Hijau tersebut juga memiliki kelebihan lainnya, seperti buahnya yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi kadarnya dibandingkan buah jeruk. Tidak tanggung-tanggung tingkat kadarnya 6 kali lebih besar.

Hijau daunnya juga bisa dilahap sebagai lalapan atau sayur, dengan kandungan mineral yang sangat tinggi. Kulit dari African Baobab pun juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat tali, atau bahkan pakaian. Tidak habis-habisnya manfaat dari Si Raksasa Hijau ini, ditenggarai zat-zat untuk pengobatan tradisional pun juga terkandung dalam pohon ini.

Tidak terlepas dari itu semua bisa terjadi atas kontribusi dari UI dan ILUNI (Ikatan Alumni) UI, untuk membangun peradaban dan masa depan bangsa yang lebih baik. Terindikasi untuk menghadapi tantangan kekurangan pangan, air, dan terutama isu pemanasan global terutama di Indonesia.

Datangnya pohon raksasa ini merupakan salah satu bagian kegiatan Musyawarah Nasional Ikatan Alumni UI (ILUNI) ke-6 dan Festival UI (Untuk Indonesia) pada tanggal 1 Oktober–2 Oktober 2011. Sebagai saksi mata perelokasian raksasa tersebut yang memiliki diameter 4,5 meter, adapun prasasti yang ditandatangani oleh beberapa petinggi dan seorang musisi, yaitu Rektor UI, Ketua ILUNI, Menteri Negara BUMN, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Kehutanan, Direktur Utama PT. BNI, Direktur Utama PT Sang Hyang Seri, Pimpinan Media Group, dan Iwan Fals.

Pohon dengan berat sekitar 120 ton ini, diharapkan mampu menyokong penghijauan yang tidak hanya di wilayah kampus UI saja, bahkan juga sebagai motivasi masyarakat untuk peduli akan pelestarian lingkuangan yang akan berguna di masa mendatang. (*/OL-2)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/07/224137/38/5/Raksasa-Hijau-Hiasi-Kampus-Kuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar