Jumat, 06 Mei 2011

mediaindonesia - Waspadai Angin Puting Beliung di Jakarta

JAKARTA--MICOM: Buruknya cuaca yang disertai hujan deras di Jakarta beberapa hari terakhir memungkinkan terjadinya angin puting beliung. Masyarakat diminta untuk waspada.

"Gejala datangnya angin puting beliung bisa ditandai dengan timbulnya awan cumulus nimbus alias awan yang mendadak gelap, seperti hari ini Kamis (5/5)," ungkap Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Edvin Aldrian, Kamis (5/5).

Edvin memperkirakan angin puting beliung berpeluang menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya sampai akhir pekan ini. Peluang kemunculannya akan diiringi curah hujan yang sporadis.

Edvin mencontohkan hujan deras yang menerjang Jakarta bebrapa hari terakhir dikarenakan Jakarta sedang memasuki periode basah. Dalam 30 hari mendatang, ujarnya, Jakarta akan memasuki periode kering.

"Ini dipengaruhi siklus MJO (Madden Julian Oscillation), yakni siklus cuaca ekstrem yang berosilasi tiap 30-40 hari sekali dan berpotensi menumpahkan hujan deras berhari-hari," jelasnya.

Edvin memaparkan munculnya angin puting beliung berasal dari proses pembentukan awan hujan di musim pancaroba saat ini. Di musim pancaroba, lanjutnya, angin tidak memecah awan. Sebaliknya angin justru meningkatkan awan yang menjulang disebabkan adanya massa udara yang mengangkat uap air dari laut utara Jakarta.

"Kondisi ini didukung angin yang bertiup dari barat kemudian melalui pegunungan di Banten sehingga membentuk angin bergelombang dan turun di Jakarta," paparnya.

Hanya saja Edvin tidak dapat memastikan kapan tepatnya angin puting beliung datang. Kecepatannya pun diduga tidak akan menyentuh angka 30-50 knot. "Kecepatan anginnya kecil, tapi tetap harus waspada," tandasnya. (VB/OL-9)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/06/223817/37/5/Waspadai-Angin-Puting-Beliung-di-Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar