Sabtu, 07 Mei 2011

republika - Dimulai, KTT ASEAN ke 18

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN mulai digelar Sabtu pagi di Balai Sidang Jakarta. Para kepala negara dan pemerintahan yang bernaung di bawah bendera Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah bersiap melaksanakan konferensi yang akan dibuka hari Sabtu.

Dalam konferensi kali ini, tiga agenda disiapkan Indonesia. Pertama, memastikan dan mengonsolidasi pencapaian Komunitas ASEAN 2015. Kedua, memelihara kawasan yang aman dan stabil sehingga negara-negara di kawasan bisa melanjutkan pembangunan.

Ketiga, menjadikan ASEAN berperan aktif dalam pemecahan masalah-masalah global, suatu "komunitas ASEAN dalam komunitas global bangsa-bangsa".

Sebelum KTT ASEAN 2011 dimulai, telah digelar rangkaian pertemuan tingkat pejabat tinggi ASEAN atau pertemuan tingkat menteri ASEAN yang membahas beragam isu aktual yang sedang dihadapi ASEAN.

Beberapa isu yang juga dibahas seperti masalah sengketa Laut China Selatan, upaya perlindungan pekerja migran di lingkungan negara ASEAN, persiapan KTT pertama Asia Timur (East Asia Summit) pada November mendatang di Indonesia, dan lamaran Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN.

Sebelumnya, usai memimpin pertemuan Dewan Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan, kali ini dibahas pula sejumlah isu, seperti kerja sama pertahanan, politik dan pengembangan demokrasi, isu keamanan maritim, pemberantasan terorisme, serta kawasan bebas nuklir.

KTT ke-18 ASEAN akan resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dilanjutkan dengan berbagai pertemuan informal para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN dengan organisasi masyarakat sipil ASEAN, organisasi kepemudaan ASEAN dan parlemen ASEAN.

Rangkaian kegiatan hari pertama KTT ASEAN 2011 akan ditutup dengan jamuan makan malam oleh Presiden Yudhoyono bersama sembilan kepala negara serta kepala pemerintahan atau perwakilan pemerintah negara-negara ASEAN.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/05/07/lksw3h-dimulai-ktt-asean-ke-18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar