Jumat, 06 Mei 2011

tempointeraktif - Bercinta Bikin Awet Muda

TEMPO Interaktif, Rutin bercinta bisa membuat Anda tampak lebih awet muda dan sehat. Elizabeth Gutrecht Lyster, M.D., M.P.H. dari Holtorf Medical memaparkan lima alasan, seperti dikutip laman Ivillage, Maret 2011.

1. Meningkatkan energi
Kata libido tidak hanya berkaitan dengan seks. Di kamus, libido berarti "energi positif dalam hidup". Libido sering diartikan sebagai perasaan termotivasi, percaya diri dan naluri. Jika libido seseorang rendah, maka energi mereka juga akan rendah.

2. Tingkat stres berkurang
Bercinta menyebabkan terlepasnya oksitosin, endorpin, dan dopamin yang merupakan hormon-hormon peningkat perasaan positif seperti keterikatan, kasih sayang, dan kedekatan.

3. Oksitosin baik untuk kesehatan
Aktifitas bercinta, apalagi sampai mencapai orgasme, bisa menyebabkan terlepasnya hormon oksitosin atau yang dikenal sebagai hormon "cinta". Hormon ini memberi keuntungan dalam kesehatan seperti peningkatan mood, penurunan jumlah kortisol (hormon yang memicu stres), menurunkan tekanan darah, serta menjadikan kulit bercahaya.

4. Melindungi jantung
Untuk laki-laki dan wanita, penelitian menunjukkan bercinta merupakan pelindung yang efektif bagi kesehatan kita.

Penelitian di Irlandia menunjukkan laki-laki yang sering bercinta akan turun risiko terkena serangan jantung sebanyak 50 persen dibandingkan dengan mereka yang jarang bercinta. Studi lain menunjukkan hasil yang sama pada wanita, apalagi jika mereka bisa mencapai orgasme.

5. Melancarkan peredaran darah
Darah akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel yang dapat menyehatkan seluruh organ.

http://tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/05/05/brk,20110505-332321,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar