Senin, 23 Mei 2011

tempointeraktif : Inilah Manfaat Berlari Mundur

TEMPO Interaktif, Tahun lalu, para penggemar joging di Inggris banyak yang mengikuti tren berlari tanpa sepatu. Berlari bertelanjang kaki dipercaya bisa membakar kalori lebih banyak dan lebih menyehatkan bagi kaki. Namun, tahun ini giliran berlari mundur melanda Inggris.
Menurut pelari maraton Karl Twomey, berlari mundur lebih aman dan nyaman bagi lututnya. "Keseimbangan, penglihatan, dan pendengaran juga terasah dan semakin tajam dengan berlari mundur," kata Twomey yang kerap berlari mundur seperti dikutip dari Daily Mail, Senin 23 Mei 2011. 
Berlari mundur ternyata bukan kegiatan baru. Aktivitas tersebut sudah dikenal sejak tahun 1970-an. Ketika itu para dokter menganjurkan para atlet yang mengalami cidera untuk berlari mundur. Sejak itu, lari mundur menjadi bagian pelatihan bagi petinju dan atlet hoki. Berlari mundur juga bagus untuk memulihkan cidera lutut dan punggung. 
Adapun penelitian Universitas Oregon, Amerika Serikat, mengungkapkan berlari mundur hanya butuh kecepatan 80 persen dari kecepatan berlari maju untuk mendapatkan hasil yang sama, baik itu untuk kebugaran atau untuk kesehatan psikis. 
Sebuah studi lainnya di Universitas Stellenbocsh, Afrika Selatan, menunjukkan berlari mundur bisa melancarkan peredaran pembuluh darah, lebih banyak membakar lemak dan yang melakukannya akan lebih bugar.

http://tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2011/05/23/brk,20110523-336056,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar