Minggu, 15 Mei 2011

vivanews - Ketua MK: Rayakan HUT Israel, Biarkan Saja

VIVAnews - Sekelompok orang mengatasnamakan Komunitas Yahudi Indonesia akan merayakan hari jadi Israel, Sabtu 14 Mei 2011. Rencana yang menuai kontroversi ini tak jadi persoalan bagi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Mahfud menyatakan tidak ada larangan di dalam konstitusi untuk merayakan apapun. "Selama itu tidak mengandung tindakan kriminal," kata  Mahfud di Gedung MK, Jumat, 13 Mei 2011.

Selama tidak ada larangan di dalam hukum maka perayaan tersebut boleh dilakukan. "Kalau saya sih biarin saja. Kalau dibesar-besarkan nanti malah merembet," kata dia.

Mahfud menilai rencana perayaan HUT Israel  hanya  ekspresi kelompok pencinta Israel. "Kecuali dia propaganda mau mengganggu kedaulatan atau politik luar negeri. Tapi ini kan nggak. Ini kan hanya mengidolakan," imbuhnya. "Kalau tidak ada pengikutnya nanti juga gembos sendiri."
Mabes Polri sendiri tidak mengizinkan aksi HUT Israel ini digelar Sabtu besok karena belum terdaftar. "Kami sudah cek di semua Polres di Jakarta. Tak ada kelompok yang meminta izin untuk merayakan HUT berdirinya Israel," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Bachrul Alam, Jumat 13 Mei 2011.

Anton menjelaskan pengajuan permohonan izin aksi di ruang publik harus diserahkan ke polisi paling tidak seminggu sebelum acara agar bisa dikaji dan diproses lebih lanjut. "Kalau hari ini minta izin, jelas tak akan dikabulkan karena waktunya terlalu mepet," jelas Anton.

http://nasional.vivanews.com/news/read/220272-ketua-mk--rayakan-hut-israel--biarkan-saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar