Jumat, 06 Mei 2011

vivanews - Saham Seksi di Akhir Pekan

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia diperkirakan masih menguat, meski dengan penguatan terbatas pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 6 Mei 2011. Sejumlah saham pun, diprediksi tetap ramai aksi beli investor.

Nah, saham-saham apa saja yang masih menarik minat beli pelaku pasar di akhir pekan ini? Berikut, penuturan dua orang analis yang dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, secara terpisah.

Menurut Gina Novrina Nasution, analis PT Reliance Securities, IHSG cenderung menguat karena ditopang faktor menguatnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan sentimen positif berita global seperti tewasnya Osama Bin Laden yang diprediksi kembali menggairahkan perekonomian dunia. "Laporan GDP (pertumbuhan domestik bruto) kuartal I-2011 Indonesia sebesar 6,5 persen turut menjadi pemicu," tuturnya.

Untuk itu, dia merekomendasikan, sebaiknya pemodal memilih saham-saham papan atas penggerak IHSG seperti PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), dan PT Darma Henwa Tbk (DEWA).

"PGAS dan JSMR, terkait sektor infrastruktur yang sedang gencar digenjot pemerintah. Sedangkan ELTY, sektor properti masih menarik karena BI Rate diprediksi tetap, sehingga suku bunga KPR berpotensi turun. Adapun DEWA, karena dapat proyek dari anak usaha atau grup Bakrie lainnya," ujar Gina.

Di tempat terpisah, pengamat pasar modal, Deni Hamzah berpendapat berbeda. IHSG akhir pekan ini diperkirakan bergerak mendatar. Sebab, sentimen positif seperti kinerja keuangan kuartal I-2011 dan sentimen global sudah terefleksikan di pasar. "Sejumlah saham saat ini juga sudah agak mahal, karena terlalu cepat naiknnya," kata dia.

Kendati demikian, dia menuturkan, aliran dana asing masih deras dan investor sepertinya akan memanfaatkan aksi ambil untung pelaku pasar lain untuk memburu sejumlah saham antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Indosat Tbk (ISAT), PT Darma Henwa Tbk (DEWA), PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA), dan PT Multi Indocitra Tbk (MICE).
"Selain BLTA, saham-saham itu terkait momentum kenaikan volume dan antisipasi rencana pembagian dividen. Kalau BLTA, seiring perusahaan pelayaran afiliasi yang mau listing di BEI," ujar Deni.

Sementara itu, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia pada perdagangan kemarin, Kamis 5 Mei 2011, IHSG ditutup menguat tipis 1,34 poin atau 0,03 persen ke level 3.816,27 dari transaksi sehari sebelumnya yang berakhir terangkat 1,06 poin (0,02 persen) di posisi 3.814,93.

Tercatat, hampir sebagian besar sektor yang terdaftar di BEI mengalami penguatan harga, kecuali industri dasar dan sektor finansial. Di mana, sektor komoditas perkebunan dan tambang menjadi pengontribusi terbesar penguatan IHSG. (eh)

http://bisnis.vivanews.com/news/read/218750-saham-seksi-di-akhir-pekan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar