Ambon (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo meminta jajaran pimpinan dan staf Kementerian Keuangan di provinsi untuk meningkatkan kualitas kerja dan menutup ruang bagi praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

"Peningkatan kualitas kerja harus disesuaikan dengan sistem yang dibangun bersama, sekaligus menutup ruang yang memungkinkan aparat melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme," kata Menkeu Agus Martowardojo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku, I.B.G. Kartika Mauaba, pada peringatan HUT Oeang ke-65, di Ambon, Senin.

Pimpinan kementerian sebagai pengambil kebijakan juga diminta bersikap waspada, hati-hati, bertanggung jawab, akuntabel dan transparan, karena hasilnya akan dinilai oleh masyarakat.

Para pegawai juga harus menunjukkan kerja berkualias dan berintegritas, bersikap responsif serta menjunjung asas transparansi dan akuntabilitas.

"Tugas kita sebagai pengelola keuangan dan kekayaan adalah tugas mulia yang harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab, mengingat banyak sektor yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung," katanya.

Dari sisi perpajakan, kepabeanan dan cukai, harus menciptakan pelayanan prima, tidak kompromi terhadap stakeholder yang nakal, serta tunjukkan keprofesionalan dalam bekerja, ujarnya.

Sedangkan di sisi anggaran, perimbangan, pengelolaan kekayaan negara dan perbendaharaan, dapat menciptakan anggaran yang berkualitas serta mensinergikan program pemerintah pusat dan daerah.

"Jangan sampai program di daerah tidak sejalan dengan pemerintah pusat. Semua semata-mata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat," ujar Menkeu.

Selain itu, berbagai kebijakan diharapkan dapat menciptakan formula yang mudah dipahami, berpihak pada rakyat dan selalu memperbaiki peraturan yang tidak seuai dengan kondisi di lapangan.

Semua sumber daya manusia di Kementrian Keuangan juga diminta mengembangkan pola pikir maju, kritis serta memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara. (ANT-183/J007)