Sabtu, 07 Mei 2011

detik - Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN

Jakarta - Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng sudah siap menyambut kedatangan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN. Seluruh infrastruktur hingga sistem keamanan bandara sudah terkoordinasi dengan baik.

"Untuk sistem pengamanan selama pelaksanaan KTT dilakukan penambahan kekuatan personel pengamanan gabungan yang terdiri dari petugas internal bandara, kepolisian, hingga TNI," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri S Sunoko dalam rilis yang diterima detikcom, Jumat (6/5/2011).

Di Bandara, ada 561 orang yang akan mengamankan kedatangan para delegasi negara sahabat. Sebanyak 147 personel TNI Angkatan Darat, 55 personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara, 206 personel Kepolisian RI, serta sebanyak 153 personel DENPOM dan Kavaleri.

"Sedangkan personel pengamanan dari internal AP II sebanyak 1.324 personel. Sistem penanganan arus memperlancar perjalanan para delegasi di dalam bandara juga kami siapkan. Ada jalur khusus yang kami buat, di luar jalur penumpang umum," lanjut Tri Sunoko.

Sebagai penunjang, lanjut dia, manajemen juga telah melakukan penambahan kamera pengawas CCTV, dari sebelumnya 536 menjadi 779 buah termasuk di area ground handling (air side) tempat penanganan penumpang maupun barang saat datang. Kemudian untuk fasilitas dan utilitas di terminal penumpang, Tri Sunoko memaparkan, persiapan-persiapan yang telah dilakukan untuk memaksimalisasi pelayanan terhadap para delegasi.

Persiapan tersebut meliputi pemasangan Pintu Gerbang di VIP Room, penyediaan area parkir khusus delegasi ASEAN, penataan ornamen dan hiasan serta papan-papan petunjuk di bagian dalam terminal, pemasangan bendera, spanduk, baliho dan umbul-umbul maupun poster penyambutan di dalam dan luar terminal.

"Untuk mempermudah dan mempercepat proses penanganan dokumen keimigrasian para delegasi, telah dibuat konter-konter khusus imigrasi. Konter-konter maupun informasi juga kami siapkan, termasuk jalur khusus CIQ untuk penanganan bagasi dan lain-lain," katanya.

Manajemen AP II juga akan menggelar even pentas seni yang menyajikan beragam kesenian dan seni budaya seperti gamelan maupun atraksi seni lainnya. Kegiatan pentas seni ini diselenggarakan di dalam area terminal kedatangan.

http://www.detiknews.com/read/2011/05/07/035106/1634408/10/bandara-soekarno-hatta-siap-sambut-delegasi-ktt-asean?nd992203605

Tidak ada komentar:

Posting Komentar