Jumat, 01 Juli 2011

antaranews : Satuan Radar Timika Ditarget Beroperasi Agustus

Biak (ANTARA News) - Satuan Radar Timika di Kabupaten Mimika, Papua ditargetkan akan segera beroperasi bersamaan dengan Satuan Radar Saumlaki, Maluku pada Agustus 2011.

Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV Biak, Marsekal Pertama TNI Muhammad Saugi, di Biak, Jumat, mengatakan, fasilitas bangunan fisik markas komando satuan Radar Mimika dan Saumlaki bersama prasarana pendukung Radar lainnya hingga kini sedang dalam proses pengerjaan.

"Untuk prajurit TNI-AU pendukung operasional markas komando yang ditugaskan di Satuan Radar Timika sudah dikirim dari Komando Sektor Hanudnas IV Biak," katanya.

Ia mengatakan, sampai Juli 2011 satuan radar yang beroperasi di wilayah Komando Sektor Hanudnas IV Biak tersebar di Kupang, Biak, dan Merauke; dan dalam waktu dekat menyusul operasional serupa di Timika dan Saumlaki.

Berdasarkan rencana strategis program keperluan radar di Papua, menurut bekas komandan Skuadron Udara 3 itu, akan ditambah lagi beroperasi di wilayah Jayapura dan Sorong, Papua Barat.

"Kehadiran satuan Radar di Kawasan Timur Indonesia sangat strategis karena mampu menjaga kedaulatan serta mengawasi wilayah udara kita yang berbatasan dengan tiga negara tetangga," katanya.

Menyinggung pelanggaran wilayah udara di kawasan Papua, menurut dia, hingga saat ini belum ditemukan kasus pelanggaran serius wilayah udara Papua dilakukan pesawat militer asing.

"Pergerakan setiap pesawat di wilayah Papua untuk saat ini terus terpantau satuan Radar Biak dan Merauke, ya setelah Timika beroperasi diharapkan menambah kekuatan satuan Radar di tanah Papua," katanya.

(ANT.M039)


http://antaranews.com/berita/265542/satuan-radar-timika-ditarget-beroperasi-agustus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar