Jumat, 29 April 2011

mediaindonesia : Pola Rekrutmen NII masih Mirip Zaman Kartosoewirjo

BATAM--MICOM: Ulama yang tergabung dalam Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyebutkan perekrutan yang dilakukan anggota Negara Islam Indonesia (NII) tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan oleh anggota Darul Islam (DI) di bawah pimpinan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo pada 1949.

"Nggak jauh beda itu. Cara perekrutannya mirip. Ini terlihat dari penyebaran anggota-anggota di daerah seluruh Indonesia. Pola lama masih diterapkan. Di jaman pemerintahan sebelumnya juga mereka terapkan seperti itu, tidak ada yang baru," kata ketua umum (DMI) Pusat Tarmizi Taher kepada wartawan, di Batam, Jumat (29/4).

Dia menuturkan gerakan ini bertujuan menjadikan Republik Indonesia yang saat itu baru merdeka sebagai negara teokrasi dengan agama Islam sebagai dasar negara. Pengikut Kartosoewirjo memproklamasikan bahwa hukum yang berlaku di Indonesia ketika itu, adalah hukum dalam NII.

"Itu lah yang menjadi cikal bakal NII sekarang ini. Perlu penelusuran historis yang mendalam oleh pemerintah. Tidak perlu terlalu takut menghadapi mereka, cukup ditelusuri kemana pengikut-pengikutnya berada," kata dia.

Namun, mantan Menteri Agama selama tiga periode tersebut tidak dapat menjelaskan lebih jauh kemana saja kantong-kantong pengikut DI/TII yang ada di Indonesia. Karena memang itu bukan tugasnya.

"Pemerintah tentunya lebih tahu itu. Kami cuman menghimbau agar cendekiawan-cendekiawan muda agar tidak terlalu ekstrem menanggapi masalah NII ini. Karena tidak ada untungnya, bahkan menimbulkan perpecahan," katanya.

Sementara itu, Polisi Resor Kota (Polresta) Batam-Rempang-Galang (Barelang) pada pekan ini mulai aktif melakukan sejumlah razia di sejumlah tempat di Batam. Hal ini, dilakukan guna mengantisipasi tindakan-tindakan yang diinginkan.

"Kami tetap melakukan pengawasan. Informasi sekecil apa pun akan kami tindak lanjuti. Hingga sejauh ini Batam dan sekitarnya dalam kondisi yang kondusif. Sejumlah personel juga telah kami tebarkan untuk mencari informasi menyangkut anggota NII," katanya. (OL-12)

http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/04/221896/126/101/Pola_Rekrutmen_NII_masih_Mirip_Zaman_Kartosoewirjo




Tidak ada komentar:

Posting Komentar